-->

Langkah- Langkah Penyambungan Fiber Optik (Splicing)


Langkah-Langkah Penyambungan(Splicing) Fiber Optik

Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya mengikuti PKL. Dari itulah saya belajar bagaimana cara penyambungan FO. dan berikut langkah - langkahnya

1. Peralatan dan Bahan
a)    Splicer
    
     Gambar 3.1 Splicer

b)    Cleaver
    
     Gambar 3.2 Cleaver


c)    Tang pengupas serat
    
     Gambar 3.3 Tang Pengupas Serat

d)     Tissue
    
     Gambar 3.4 Tissue

e)   Pelindung serat (dicore)
    
     Gambar 3.5 Pelindung serat (dicore)


   2.  Langkah-Langkah Penyambungan(Splicing)

  •      Terlebih dahulu masukkan plastik khusus untuk melindungi bagian core yang telah di-splice.
  •      Kupas core dari jaketnya menggunakan fiber stripper dengan cara memposisikan stripper agak  miring, tahan lalu tarik ke ujung core / serat optik secara perlahan.
  •      Setelah terkupas bersihkan core / serat optik dengan tissue.
  •     Lalu masukkan ke dalam pemotong core dimana kita menempatkan ujung jaket pada skala antara 15 dan 20, lalu potong. Pada saat memotong, pisau harus dijalankan dengan kecepatan  yang sesuai dan konstan.
  •     Setelah itu kita masukkan ke dalam splicer yang berfungsi menyambung core. Jangan sampai ujung core menyentuh sesuatu benda sebab akan menambah redaman.
  •     Setelah kedua core / serat optic di masukkan ke dalam splicer kemudian tekan tombol set maka secara otomatis splicer akan meleburkan kedua core dan menyambungnya. Tunggu sampai layar menunjukkan estimasi redaman lalu tekan reset maka layar akan kembali ke tampilan awal.
  •     Hasil kualitas sambungan / estimasi redaman adalah 0,00 sampai dengan 0,03 maka nilai  sambungannya baik dan apabila nilai sambungan menunjukkan melebihi dari 0,03 maka kualitas sambungan tersebut jelek.
  •     Setelah itu keluarkan core / serat optik tersebut lalu geser slivee protection tadi ke sisi core / serat optik yang telah mengalami proses splice. Kemudian masukkan ke bagian splicer yang berfungsi untuk memanaskan slivee protection tersebut. Tunggu sampai splicer mengeluarkan bunyi lalu keluarkan.
  •      Kemudian letakkan core kembali ke dalam kaset.
 

0 Response to "Langkah- Langkah Penyambungan Fiber Optik (Splicing)"

Post a Comment

Cara Memilih Free Hosting Yang Baik

Bagi para peselancar dunia maya tentunya sangat ketergantungan dengan yang namanya Domain dan Hosting dalam menjalankan sebuah website pri...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel